Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Dasar TKJ SMK Terbaru

Kadang-kadang, kebutuhan manusia untuk jaringan komputer terus meningkat. Setiap orang perlu untuk terhubung dengan orang lain, bahkan ketika terhambat oleh ratusan jarak atau bahkan ribuan kilo. Setiap orang harus bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat.

Dengan semua tuntutan jaringan komputer, siswa harus diberikan dengan meteri TKJ-bahan sesuai dengan kebutuhan di tempat kerja. TKJ untuk mahasiswa pascasarjana memiliki keterampilan untuk memenuhi tuntutan jaringan komputer di masa depan.

Materi yang akan dipelajari oleh siswa jurusan TKJ adalah:

Cisco

Cisco adalah salah satu perangkat jaringan (perangkat jaringan) terhandal saat ini beredar di dunia. Cisco biasanya digunakan untuk membangun jaringan media skala besar. Hampir semua perusahaan besar di Indonesia harus menggunakan Cisco untuk membangun jaringan Anda.

Dalam rangka mempersiapkan siswa TKJ dapat menyelam ke dunia kerja, mahasiswa TKJ diberikan dengan materi Cisco. Bahan-bahan cisco untuk dipelajari oleh siswa TKJ adalah:

VLAN & Trunking Spaning tree Etherchannel
Intervlan Routing VRRP Portsecurity
Routing Fundamental EIGRP OSPF
BGP IPv6 MPLS

Materi di atas hanya sebagian kecil akan dipelajari di jurusan TKJ. Dengan menguasai materi di atas, diharapkan siswa TKJ mampu membuat desain (rencana) dan untuk membangun menengan jaringan berskala besar seperti dalam contoh berikut.

Mikrotik

Selain Cisco, saat ini beredar sebuah perangkat jaringan yang terkenal, yaitu, Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan dalam jaringan skala menengah kecil. Di Indonesia, Mikrotik berkembang sangat pesat. Hampir semua penyedia layanan Internet (Internet Service Provider) lokal menggunakan proxy sebagai perangkat jaringan utama. Selain itu, proxy juga banyak digunakan di perhotelan, perkantoran, jaringan sekolah, dll

Beberapa materi tentang yang dipelajari oleh siswa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

Bridge Wireles Static Routing
Firewall filter Firewall mangle Firewall NAT
IP tunnel OSPF Load balance
Quality of service Hostpot VPN
BGP MPLS User manager

Materi-materi diatas hanya sebagian kecil dari materi mikrotik yang akan dipelajari oleh siswa TKJ. Dengan menguasai materi-materi diatas, diharapkan siswa TKJ dapat mendesain dan membangun jaringan skala menengan seperti contoh berikut

Wireles (Nirkabel)

Materi yang tidak kalah penting dari cisco dan mikrotik untuk dipelajari oleh siswa siswa TKJ adalah Wireles. Hal ini karena banyak jaringan di dunia yang dibangun melalui jaringan nirkabel, baik nirkabel dalam ruangan (interior) dan luar (luar ruangan).

klien jaringan nirkabel dalam ruangan yang digunakan untuk Internet menghbungkan seperti HP, gadget, laptop, dll Saat ini hampir semua bangunan di dunia harus memiliki jaringan nirkabel. setiap kali kita pergi ke tempat yang terbukti, harus ada jalur akses terdeteksi di HP atau perangkat kami. Sedangkan koneksi nirkabel ke luar digunakan untuk jaringan remote sebagai jaringan antara Jakarta dan Surabaya, jaringan Malang antara Tangerang, dll

Untuk saat ini, ada tiga perangkat jaringan nirkabel yang banyak digunakan, yaitu wireless delegasi Cisco Wireless dan Ubiquiti. siswa TKJ harus dapat mengkonfigurasi perangkat nirkabel sumur ketiga.

Bahan utama nirkabel, diharapkan siswa TKJ untuk dapat membangun jaringan nirkabel dalam ruangan dan di luar ruangan seperti dalam contoh berikut

Prospek Kerja Siswa TKJ

Untuk saat ini, prospek kerja bagi siswa TKJ sangat besar, seperti saat ini dunia internet berkembang pesat dan internet dibangun oleh insinyur jaringan (Student TKJ). Beberapa sisa prospek pekerjaan TKJ ilustrasi adalah sebagai berikut

Network Designer

Designer Network Service adalah salah satu layanan yang digunakan untuk membantu perusahaan atau bisnis dalam pengembangan atau pembangunan infrastruktur untuk komunikasi LAN (local area network) dan WAN (Wide Area Network).

Designer Network Service juga digunakan untuk membangun infrastruktur jaringan secara efektif dan dalam kondisi yang diinginkan, yang dapat Anda merancang jaringan komputer Anda dari desain untuk instalasi / kabel pengaturan, hub / switch, server router sampai instalasi.

Network Engineering

Internet menjadi kebutuhan utama perusahaan saat ini, sehingga profesi teknik jaringan(Network Engineering) diperlukan untuk membantu keberlanjutan dan stabilitas Internet.

Network Engineering memiliki peran yang sangat luas. Dia bertanggung jawab tidak hanya internal, yang biasanya berhubungan dengan database, tetapi juga eksternal oleh pengguna.

Network Operating Center

Network Operations Center (NOC) adalah di mana administrator memonitor, kontrol dan jaringan aman. Sebagai layar penuh ruang dari jaringan atau jaringan yang dipantau, workstation di negara yang tepat dari jaringan bisa melihat, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola jaringan.

NOC adalah perangkat infrastruktur yang melakukan fungsi regulasi, kontrol dan jaringan pengawasan (jaringan) sehingga dapat beroperasi sesuai dengan standar layanan yang diberikan.

NOC adalah tugas konfigurasi menangani jaringan dan mengelola perubahan, keamanan jaringan, kinerja dan kebijakan pemantauan, pelaporan, kontrol kualitas, pemrograman dan dokumentasi dengan kemampuan memanfaatkan manajemen jaringan, pemantauan dan alat analisis.

Demikian artikel yang bisa dapat saya sampaikan, artikel ini say buat berdasarkan berbagai sumber dari buku materi jurusan TKJ. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan komen

Katon
Katon Sebuah kesuksesan tak luput dari kegagalan "Yakin aja pasti bisa" :)

2 comments for "Materi Dasar TKJ SMK Terbaru"