Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Dollar Menjadi Mata Uang Dunia?


Siapa yang tak mengenal dolar, mata uang negara adidaya Amerika Serikata (AS) yang setiap detik menjadi patokan perkonomian seluruh negara di dunia di balik keperkasaan dolar AS yang menjadi kiblat dari pasar internasional pasti miliki alasan mengapa harus Dolar AS ?

Jauh sebeluh tahun 1944, sebelum Dolar As ditentukan sebagai mata uang dunia , negara-negara di seluruh dunia mengunakan emas sebagai alat tukar perdagangan bilateran atau multilateral. Sebelum transaksi tersebut terjadi pelaku jual beli menukarkan terlebih dahulu uang kertas mereka dengan emas di kantor-kantor resmi pemeritahan yang menjadi tepat penyimpanan emas cadangan. Sistem ini lazim di kenal dengan nama "Gold Standart" yang pernah di berlakukan di inggris pada tahun 1821, pernah pula di pakai oleh AS pada tahun 1870  hingga 1871. Berhubung dengan hal ini, AS yang saat itu menjadi negara dengan cadangan emas terbesar.

Profesor Cornell University, Eswar prasad dalam bukunya "The Dolar As Trap" menjelaskan mengnai sejarah keperkasan dolar AS di dunia menrutnya berawal dari menaangnya amerika di sebgian besar perang dunia ke II, banyak terjadi kekacauan moneter yang di mulai jauh pada abad 18 - 19. dari situ muncullah inisiatif untuk melaksanaakan sebuah "Perjnjiaan Bretton Woods" atau bisa perjanjaian untuk menjalankan sistem. di namai Bretton Woods karena kesepakatan ini di hadiri 730 orang wakil dari 44 negara, di hotel mount, News Hamspire, Amerika Serrikat tahub 1944.

Dalam Sistem ini disepakati bahwa dolar As berperan sentral dalam moneter dunia, Dolar AS dipilih karena bisa dijadikan candangan devisa. Selain itu, yang perlu di tulis tenbal adalah : Sistem ini menetapkan bahwa untuk setiap percetakan 35 dolar AS sama dengan satu ons emas, hal tersebut tidak lepas daru fakta karena AS yang mempunyai cadangan emas terbesar di dunia. Bretton menandai dimulainya era Fixed Exchange Rate (krus tetap) dengan backup emas, dan berakir pada tahun 1971 yang di tetapkan menjadi Floating Exchange Rate (Krus mengambang).

Floting Exchange Rate metupakan sistem baru dari pengunaan krus yang pada awalnya tetap menjadi mengambang. Hal ini disebabkan karena secara perlahan tapi pati, kesepakatan yang digagas AS mulai dilangar sendiri. Pelangaran itu terjadi di awali dari pembiayaan pengeluaran pemerintah dan belanja militer era presiden Johnson. The FED ternyara mengeluarkan uang melebihi kemampuan cadangan emasnya akibat hal tersebut, yakni gejolak politik yang berawal dari kepentingan ekonomi. DI tahun pra bankir AS menyatakan telah terjadi kekuranngan mata uang di AS.

Oleh sebab itu, pemerintah As tidak bisa menerbitkan mata uang lagi karena semua emas cadangan telah terpakai. agar ada tabahan sirkulasi uang, sekelompok orang kemudian mendirikan yang di namakan"The Federaal Reserve Bank Of New York" yang kemudian menjual stok yang dimiliki dan di beli oleh mereka sendiri.

Katon
Katon Sebuah kesuksesan tak luput dari kegagalan "Yakin aja pasti bisa" :)

Post a Comment for "Mengapa Dollar Menjadi Mata Uang Dunia?"