Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA YANG BAIK DI MASA PANDEMI

mengolah keuangan

Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap berbagai lini kehidupan masyarakat. Keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat, jelas merasakan imbasnya. Khususnya dari segi keuangan keluarga. Harus panda-pandai mengatur supaya bisa survive untuk kedepannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini ingin mengulas sedikit tentang cara mengelola keuangan keluarga ketika pandemi.

Tanpa perlu panjang lebar, mari disimak pembahasan selengkapnya berikut.

TIPS MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA KETIKA PANDEMI COVID-19 MENGECEK ANGGARAN KEUANGAN
keuangan

Sebagai langkah awal, periksalah berapa pendapat per bulan selama masa pandemi. Apakah normal seperti biasa atau justru berkurang. Jika memang berkurang, cari tahu berkurang sampai berapa persen.

Setelah pendapatan diketahui, sekarang cek berapa banyak pengeluaran. Cari tahu pengeluaran sampai detail terkecil, sehingga bisa terlihat jelas mana yang nantinya harus dikorbankan. Mungkin selama ini ada biaya-biaya yang kelihatannya sepela namun memberikan dampak besar.

Contohnya biaya parkir, hiburan, biaya makan di luar, jajan anak dan sebagainya.

MEMBUAT PRIORITAS KEBUTUHAN

kebutuhan

Mengingat masa pandemi kondisi keuangan Anda agak lesu, maka penting sekali membuat pedoman jelas mana kebutuhan dan keinginan. Pangkas segala bentuk pengeluaran yang biasa dilakukan sebelum pandemi, dan ternyata itu tergolong sebagai pengeluaran yang didasari oleh keinginan.

Utamakan sejumlah pengeluaran pokok yang wajib dipenuhi. Prioritaskan dana ke kebutuhan listrik, biaya makan keluarga, biaya SPP, biaya air PAM, kuota internet untuk sekolah online dan lain sebagainya.

LEBIH BIJAK BERBELANJA
belanja

Jangan disangka tips nomor tiga ini susah dilakukan, karena cukup sederhana lho sebenarnya. Bijak berbelanja artinya Anda mengetahui apa saja barang-barang yang mesti dibeli ketika berbelanja. Catat semua kebutuhan yang musti dibeli, sekiranya ada barang yang bisa ditunda untuk dibeli sebaiknya singkirkan dahulu dari list belanjaan.

MENGUMPULKAN DANA DARURAT

dana darurat

Dana darurat itu penting lho dikumpulkan, gunannya adalah untuk menambal pengeluaran dikala kondisi keuangan berbeda dari biasanya. Seperti selama masa pandemi sekarang.

MENAMBAH PENGHASILAN
penghasilan

Jika pendapatan tidak seperti biasanya, mau tidak mau Anda harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan. Yang paling mudah dilakukan saat ini adalah dengan jualan makanan. Sekalian Anda membantu pasokan makanan bagi warga sekitar.

Itu tadi adalah sedikit uraian mengenai lima tips mengelola keuangan keluarga ketika pandemi Covid-19, semoga bisa memberikan manfaat.

Katon
Katon Sebuah kesuksesan tak luput dari kegagalan "Yakin aja pasti bisa" :)

Post a Comment for "CARA MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA YANG BAIK DI MASA PANDEMI"