Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 CARA PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA YANG AMPUH DAN EFEKTIF

digital marketing

Promosi melalui sosial media adalah tipe marketing yang sedang gencar ditekuni oleh para pebisnis untuk meningkatkan penjualan secara online atau meningkatkan brand awarness. Memasarkan produk lewat Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya tentu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa strategi yang harus disusun supaya kegiatan promosi sukses meningkatkan penjualan.

Hampir semua produk bisa dipromosikan melalui sosial media. Baik itu makanan, pakaian, barang elektronik, smartphone dan lain sebagainya. Selain menggunakan kata-kata promosi yang mengundang penasaran orang untuk beli, ada beberapa tips lain yang bisa meningkatkan peluang sukses promosi melalui sosial media.

Bagaimana, apakah merasa penasaran dan ingin segera tahu? Simak strategi selengkapnya berikut.

CARA PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA YANG SUKSES

promosi di medsos
MENGADAKAN KUIS/KONTES

Banyak orang yang kurang menyadari jika mengadakan kontes atau kuis bisa mempromosikan brand secara ampuh dan efektif. Hal ini bisa dilihat dari sedikitnya orang yang berpromosi dengan cara mengadakan kuis.

kuis

Untuk membuktikannya, Anda harus mencoba membuat suatu kontes yang relevan dengan produk atau bisnis. Bisa dipastikan brand Anda mendapat impresi tinggi dari target market, sekaligus meningkatkan keterlibatan target konsumen secara maksimal.

Sebab, sebagian besar orang menyukai yang namanya hadiah. Semakin menarik kontes yang diadakan, semakin banyak orang yang berpartisipasi dan itu semakin bagus terhadap impresi.

BERBAGI KONTEN
share konten

Selain membuat kuis atau event, cara kreatif lainnya yang harus dan wajib Anda coba adalah berbagi informasi atau pengetahuan. Bisa pengetahuan mengenai produk ataupun hal-hal yang berhubungan dengannya. Ini semakin bagus ketika Anda mampu mengemas konten tersebut menjadi menarik.

Sebagai contoh, Anda jualan produk pelangsing badan. Anda bisa berbagi topik-topik yang relevan dengan menurunankan berat badan. Seperti buah-buahan yang bagus dikonsumsi ketika diet, video senam pagi, dan manfaat produk pelangsing badan yang Anda tawarkan.

Di era digital seperti sekarang, konten adalah suatu hal yang sangat penting. Sudah memikirkan konten seperti apa yang akan Anda posting?

BERIKLAN
iklan

Meskipun promosi melalui sosial media bisa dilakuka secara gratis, namun bukan berarti Anda harus puas dengan metode gratisan. Iklan di media sosial sudah terbukti manfaatnya dalam mensukseskan kegiatan promosi.

Ada banyak tipe iklan yang bisa Anda pilih, seperti:
• Cost Per Click
• Page Like Ads
• Sponsored Stories
• Instagram Ads
• Page Post Ads Facebook
• Dan lain-lain

MENJANGKAU KOMUNITAS
komunitas

Sebelum menggebu-nggebu ingin promosi melalui sosial media, ingatlah konsep dasar dari sosial media itu sendiri. Ini merupakan sebuah platform tempat berkumpulnya orang dari berbagai belahan dunia.

Nah, didalamnya selalu ada komunitas untuk orang-orang yang memiliki minat sama. Grup komunitas adalah lahan basah bagi para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya.

Supaya kegiatan promosi Anda tidak dibenci oleh anggota group, sebaiknya promosi secara soft selling.

MEMBUAT STATUS
update status

Inilah cara promosi melalui media sosial yang paling mudah dan sederhana. Yaitu dengan membuat status Facebook, tweet, konten Instagram dan sebagainya. Selain memperhatikan topik yang dibahas, alangkah baiknya Anda mengupdate konten menarik, terlebih lagi dalam berbentuk infografis atau gambar.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai lima cara promosi melalui media sosial yang efektif dan ampuh, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan komen artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih :D

Katon
Katon Sebuah kesuksesan tak luput dari kegagalan "Yakin aja pasti bisa" :)

Post a Comment for "5 CARA PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA YANG AMPUH DAN EFEKTIF"