Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Burung Puyuh

burung puyuh

Burung puyuh di Indonesia juga menjadi salah satu hewan yang telur dan burungnya bisa dimakan. Pasti anda juga pernah bukan memakan telur puyuh atau bahkan burungnya. Telur juga menjadi makanan sehari-hari setiap orang entah itu telur ayam atau telur puyuh, karena telur mempunyai manfaat bagi kesehatan diantaranya sumber protein, menjaga kesehatan mata, menjaga fungsi otak dan juga banyak kandungan nutrisi yang dimikinya.

Burung puyuh juga ada bermacam jenisnya contohnya burung puyuh jepang. Seperti namanya burung ini berasal dari hutan yang diternak di wilayah Jepang. Burung ini juga istimewa karena mempunyai daya tahan tinggi dalam menghadapi penyakit. Burung puyuh juga mempunyai ciri-ciri bertubuh bulat, lebih besar daripada burung puyuh lainnya. Mempunyai ekor yang pendek,dan panjang dari badannya hanya 19cm saja. Dan juga walaupun namanya burung tetapi burung puyuh ini tidak bisa terbang seperti burung-burung lainnya.

Nah pada saat ini banyak orang yang melakukan bisnis burung puyuh dengan menjual telur yang dihasilkannya atau juga bisa bisnis burung puyuh pedaging karena daging dari burung puyuh ini juga bisa dikonsumsi. Harga jual burung puyuh ini lumayan mahal dan maka dari itu banyak yang beralih ke bisnis ternak burung puyuh ini.

Cara Bisnis Burung Puyuh

bisnis burung puyuh

Tidak terlalu susah untuk melakukan bisnis burung puyuh, namun ada bagusnya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dari burung puyuh, apalagi bagi anda yang pemula. Karena burung puyuh mempunyai perbedaan antara jantan dan betina. Pada jantan warna bulu dari dadanya yaitu cokelat muda sedangkan betina bagian dada atas dan leher warnanya terang dan ada totol-totol cokelat tua. Nah jika anda sudah mengetahui perbedaannya maka anda bisa mengikuti cara bisnis burung puyuh dibawah ini.

Persiapkan Kandang
  • Atur kandang supaya mudah terkena sinar matahari. Bertujuan supaya burung puyuh tidak terkena jamur dan kandang tidak melembab 
  • Kelembapan kandang berkisar kira-kira 30 sampai 80 persen 
  • Temperatur normal kira-kira 20 hingga 25 derajat celcius 
  • Jangan biarkan kandang gelap, karena kandang dari burung puyuh harus nyaman dan juga hangat. Maka dari itu anda bisa menambah penerangan lampu sekitar 30 hingga 50 watt

Pemilihan bibit unggul burung puyuh

Pemilihan bibit unggul itu tergantung dari tujuan menternak burung puyuh. Terdapat 3 petunjuk yang penting dalam pemilihan indukan burung tersebut diantaranya :
  • Kalau ingin ternak puyuh petelur untuk dikonsumsi maka pilih indukan betina yang  sehat, tidak mempunyai macam-macam penyakit
  • Jika ternak puyuh petelur untuk pembibitan maka pilih indukan betina dan jantan yang aktif didalam proses produksi
  • Dan jika ternak puyuh pedaging maka pilih indukan betina dan jantan yang sudah tidak dapat lagi bertelur

Pemeliharaan burung puyuh

Proses dalam pemeliharaan burung puyuh ini harus anda perhatikan dan itu sangat banyak. Dan ini mungkin menjadi beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  • Makanan untuk burung puyuh
Supaya burung puyuh yang kita ternak tumbuh dengan baik dan menghasilkan anakan yang bagus maka harus diberi makan yang baik pula contohnya dengan beri makan pelet atau remah-remah misalnya. 
  • Kebersihan
Supaya tidak adanya penyakit didalam kandang burung puyuh maka haruslah selalu dibersihkan kandangnya agar burung puyuh pun merasa nyaman.
  • Kontrol penyakit
Dalam memelihara Burung puyuh juga harus ada cek kesehatannya jangan sampai burung itu nantinya terkena penyakit dan bisa menularkan ke burung puyuh lainnya

Panen

Panen menjadi hal yang dinantikan saat dalam menternak burung ini. Proses panennya juga terdapat 2 hasil diantaranya:
  • Hasil yang utama pembudidayaan ialah daging puyuh dan terlurnya, juga bibit baru yang bisa diproses untuk dibudidayakan lagi.
  • Hasil tambahan yang berupa bulu puyuh yang bisa di gunakan untuk kerajinan hingga kotorannya yang bisa digunakan untuk pupuk tanaman.

Cara Bisnis Puyuh Petelur

telur puyuh

Walaupun burung puyuh mempunyai ukuran tubuh yang kecil ternyata burung puyuh ini bisa membantu anda dalam buka usaha dengan modal yang tidak besar dan mendapat keuntungan yang lumayan. Nah apalagi cara bisnis burung puyuh petelur ini juga bisa dibilang mudah dalam melakukannya, namun memang sebelumnya anda harus mengetahui dulu cara budidayanya dengan benar supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan berikut cara bisnis burung puyuh petelur.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan bisnis telur burung puyuh adalah memilih tempat yang pas. Tempat idealnya biasanya jauh dari pemukiman, kawasan yang sering banjir dan jauh dari penyakit. 
  2. Jika sudah mendapat tempat yang pas selanjutnya anda perlu membuat kandang. Kandang burung puyuh harus terbuat dari bahan yang tidak menyakiti burung puyuh dan ada pembuangan kotoran burung pyuh juga tempat makan dan minumnya.
  3. Biasanya kandang burung puyuh indukan ukurannya 2x0,5 meter dan ada sampai 5 lantai. Dimana setiap lantai tersebut diberik sekatan triplek yang fungsinya untuk menampung kotoran dan mudah jika ingin dibuang kotorannya.
  4. Bisnis peternakan burung puyuh selanjutnya anda bisa memberi jarring kawat yang dipasang pada dinding dari kandangnya supaya bisa melancarkan sirkulasi udara yang masuk dalam kandang.
  5. Dalam menempatkan makanannya juga perlu anda perhatikan antara lubang untuk keluar masuk kepala burung puyuh agar mudah dalam mengambil makanannya.
  6. Menempatkan minumannya juga disimpan disetiap satu lantai dari kandangnya. Ganti air minumnya dalam sehari 1 kali saja dan untuk mengganti makanannya bisa anda lakukan sama dengan mengganti minumnya.
  7. Membersihkan kotoran dari burung puyuh dilakukan sehari cukup 3 kali saja. Dengan cara menarik triplek yang digunakan untuk sekat atara lantai tadi dan bisa anda bersihkan menggunakan sapu atau sebagainya. Kotoran burung puyuh ini bisa anda jual juga biasanya harga satu kering ukuran kecil bisa terjual kira-kira Rp 15.000
  8. Setiap satu lantai isinya bisa mencapai 30 sampai 50 burung puyuh yang dewasa. Jadi bila anda mempunyai 1000 ekor burung puyuh yang sudah dewasa maka dia akan menghasilkan 300 sampai 400 telur setiap hari. 

Peluang Bisnis Burung Puyuh

Ternak burung puyuh bisa menjadi peluang bisnis burung puyuh untuk anda dan bisa menarik perhatian banyak orang. Burung puyuh ini bisa anda temukan di semak-semak, dan burung puyuh yang sering dijadikan ternak itu adalah puyuh jepang. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam bisnis burung puyuh ini seperti:

  • Telur burung puyuh

Telur burung puyuh ini memiliki kandungan giji yang sangat baik seperti vitamin, kandungan mineral dan tidak adanya lemak jahat. Harga dari telur puyuh berkisar Rp 150,- sampai Rp 300,- per butirnya. Dan bila burung puyuh yang anda ternak bisa menghasilkan telur 2.000 sampai 2.500 maka anda bisa mendapat keuntungan sampai Rp 10 juta per bulannya.

  • Kotoran burung puyuh

Tidak hanya telurnya saja ternyata kotoran burung puyuh ini juga bisa menjadi bantuan untuk perekonomian anda. Kotoran burung puyuh ini bermanfaat untuk dijadikan pupuk organik dan juga sebagai pakan ikan.

  • Daging burung puyuh
Daging burung puyuh ini juga banyak diminati oleh orang terutama pecinta kuliner dan sampai dibuat bisnis daging burung puyuh. Nah biasanya daging yang digunakan adalah jenis burung puyuh afkir yang sudah tidak bagus bila bertelur kembali. Dalam bisnis burung puyuh goreng ini anda bisa mendapatkan hasil kira-kira Rp 2 juta hingga Rp 3 juta dalam sebulan.

Demikian pembahasan saya tentang bisnis burung puyuh yang saya dapatkan ilmunya dari sukaburung.com semoga anda bisa tertarik dalam bidang bisnis ini.

Katon
Katon Sebuah kesuksesan tak luput dari kegagalan "Yakin aja pasti bisa" :)

Post a Comment for "Bisnis Burung Puyuh"